Paket JNT Express Mengalami Masalah, Begini Cara Melakukan Komplain

cara komplain paket JNT Express yang bermasalah
JENI (JNT Melayani) layanan live chat WA offical JNT 24 jam


Seperti halnya SiCepat, jasa pengiriman J&T Express atau biasa disebut JNT juga termasuk favorit di kalangan pecinta belanja online, khususnya di marketplace. Keduanya termasuk dua besar jasa pengiriman di Indonesia yang banyak digunakan saat ini.

Karena banyaknya paket yang dikirim setiap hari, tak jarang dalam proses pengiriman terjadi masalah. Umumnya yang banyak dikeluhkan konsumen adalah keterlambatan waktu pengiriman. 

Jika paket terlambat datang atau waktunya melebihi estimasi yang dijanjikan, sebaiknya ditunggu 1-2 hari, karena tidak setiap hari proses pengiriman bisa berlangsung lancar. Ada kalanya terjadi kendala eksternal yang diluar kendali. Semisalnya mobil pengiriman mengalami masalah 

Berbeda halnya jika paket yang diterima dalam kondisi rusak packingnya, atau saat dilakukan cek resi hasilnya tidak jelas menunjukkan status paket. Misalnya statusnya tidak bergerak dalam beberapa hari. 

Atau hasil tracking paket menunjukkan arah paket menuju kota yang salah, istilahnya miss route, ini berarti ada sesuatu yang salah. Misalnya paket dikirim dari Surabaya, posisinya sudah berada di kota Depok Jawa Barat. Sementara tujuan sebenarnya adalah Depok, Sleman.

Situasi tersebut berpotensi meninggalkan masalah yang lebih besar jika tidak segera diatasi. Salah satu kemungkinan buruknya, paket hilang.

Komplain paket juga bisa dilakukan jika paket mengalami kerusakan. Paket yang saat diantarkan kondisi packingnya rusak/jebol, sebaiknya jangan langsung diterima. Tapi difoto bersama kurirnya. Bahkan sebaiknya langsung diunboxing dan divideokan secara utuh sebagai bukti. 

Lalu bagaimana cara melakukan komplain J&T Express yang mengalami masalah?


Cara Komplain Paket J&T Yang Bermasalah

Untuk menyampaikan laporan dan keluhan berhubungan dengan layanan, pantauan paket, klaim, hingga kritik kepada J&T dapat disampaikan melalui saluran komunikasi berikut ini :


Komplain Via Live Chat di Website

Untuk menghubungi admin JNT, kamu bisa buka website resmi JNT Express di https://jet.co.id

Lalu cari menu Contact Us, biasanya di sudut kanan bawah. Klik menu Chat with Us, nantinya akan muncul form isian. 


Kamu akan diminta mengisi nama, email dan nomor HP aktif, lalu klik tombol Mulai Obrolan. 

Nanti petugas yang stand by akan merespon. Karena ini merupakan live chat, ada kemungkinan terjadi antrian. Siapkan nomor resi paket yang bermasalah dan pertanyaan yang ingin diajukan.  


Komplain via Whatsapp Chat JENI

J&T juga menyiapkan layanan konsumen melalui si JENI (JNT Melayani), yaitu asisten live chat Whatsapp official J&T Express yang akan selalu siap 24 jam dalam menjawab seluruh informasi terkait  paket JNT konsumen.

Kamu bisa menanyakan permasalahan paketmu melalui nomor WhatsApp official J&T di  0811 8466 188 

Simpan nomor tersebut, lalu sampaikan keluhan atau komplain di kolom chat WA. Petugas yang menangani tentu butuh waktu untuk menelusuri laporanmu.


Komplain Via Drop Point JNT

Jika lokasi rumah cukup dekat dengan kantor drop point/cabang JNT, kamu bisa mendatangi langsung. Siapkan resi pengiriman dan nomor KTP. Petugas akan minta data tersebut untuk melengkapi laporan  yang dibuat dalam kasus paket mengalami kehilangan atau kerusakan.

Jika masalah yang dikomplain belum clear atau butuh waktu untuk menelusuri, jangan lupa minta kontak WA kantor drop point untuk follow up atas laporanmu.


Komplain Melalui  Akun Media Sosial J&T Express Pusat

J&T memiliki akun resmi di beberapa media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan komplain, yaitu : 

Facebook

https://www.facebook.com/jntexpressindonesia

Instagram 

https://www.instagram.com/jntexpressid/

Twitter

https://twitter.com/jntexpressid


Komplain JNT Via WeChat

Pengguna aplikasi chat WeChat bisa melakukan komplain seputar paket JNT melaui akun resminya.

WeChat: @JTExpressID


Komplain JNT Via Line

Untuk pengguna aplikasi Line tak ada salahnya menghubungi admin JNT Express melalui akun Line-nya. 

Untuk melakukan komplain paket JNT lewat app Line, tinggal cari akun @jtexpressid lalu tuliskan pesan masalah yang kamu alami.


Komplain via Cal Center JNT

JNT juga menyiapkan saluran hotline untuk melayani komplain konsumen. Kamu bisa menghubungi melalui nomor 021 8066 1888.

Hotline J&T Express dapat diakses selama 365 hari dan 24 jam tanpa libur, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional.

Itulah beberapa cara melakukan komplain paket JNT Express yang mengalami masalah, semoga info tersebut bermanfaat bagi pengguna J&T yang kiriman paketnya bermasalah.